FESTIVAL MUHARRAM 1446 H
SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu dari sekian Hari Besar Umat Islam di Indonesia khususnya.
ASSP yang bertujuan untuk mengukur capaian peserta didik yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan. ASSP sendiri dilaksanakan pada Senin – Jum’at 15 – 19 Mei 2023 diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VI.Â
Penilaian atau asesmen sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran (CP) murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.
Sementara itu, pada pendidikan anak usia dini (PAUD), asesmen sumatif digunakan untuk mengetahui capaian perkembangan murid dan bukan sebagai hasil evaluasi untuk penentuan kenaikan kelas atau kelulusan. Asesmen sumatif berbentuk laporan hasil belajar yang berisikan laporan pencapaian pembelajaran dan dapat ditambahkan dengan informasi pertumbuhan dan perkembangan anak.
Pada Kurikulum Merdeka, guru diharapkan untuk lebih banyak mengutamakan asesmen formatif, untuk mendapatkan umpan balik dan mengetahui perkembangan murid. Namun, asesmen sumatif juga tetap digunakan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran.
Setelah tujuan dirumuskan, guru memilih dan/atau mengembangkan instrumen asesmen yang sesuai.
Instrumen asesmen dapat dikembangkan berdasarkan teknik penilaian yang digunakan oleh guru. Berikut adalah beberapa contoh teknik asesmen yang dapat diadaptasi untuk melakukan asesmen formatif maupun sumatif:
Observasi
Penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan melalui pengamatan perilaku secara berkala. Observasi dapat difokuskan untuk semua murid maupun per individu. Observasi juga dapat dilakukan dalam tugas atau aktivitas rutin/harian.
Kinerja
Penilaian yang menuntut murid untuk mendemonstrasikan dan mengaplikasikan pengetahuannya ke dalam berbagai macam konteks sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Asesmen kinerja dapat berupa praktik, menghasilkan produk, melakukan projek, atau membuat portofolio.
Projek
Kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang meliputi kegiatan perancangan, pelaksanaan, dan pelaporan, yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu.
Tes tertulis
Tes dengan soal dan jawaban yang disajikan secara tertulis, untuk mengukur atau memperoleh informasi tentang kemampuan murid. Tes tertulis dapat berbentuk esai, pilihan ganda, uraian, atau bentuk-bentuk tes tertulis lainnya.
Tes lisan
Pemberian soal/pertanyaan yang menuntut murid untuk menjawabnya secara lisan, dan dapat diberikan secara klasikal (dilakukan untuk seluruh kelas/kelompok besar) ketika pembelajaran.
Penugasan
Pemberian tugas kepada murid untuk mengukur pengetahuan, serta memfasilitasi murid memperoleh atau meningkatkan pengetahuan.
Portofolio
Kumpulan dokumen hasil penilaian, penghargaan, dan karya murid dalam bidang tertentu, yang mencerminkan perkembangannya secara menyeluruh (holistis) dalam kurun waktu tertentu.
Share On :
SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening Tahun Baru Hijriyah merupakan salah satu dari sekian Hari Besar Umat Islam di Indonesia khususnya.
TA-TK & SD Al-Azhar Syifa Budi Jatibening – Kegiatan belajar siswa-siswi tahun ajaran baru 2024/2025 akan segera dimulai.
Sekolah Al-Azhar Syifa Budi Jatibening menggelar Wisuda tahun Ajaran 2023/2024 di Ballroom Hotel Ibis Stlyes Jatibening Bekasi, Sabtu 08 Juni
Wisuda tahun Ajaran 2023/2024 diselenggarakan di Aula Masjid Darussalam Tamansari Persada Bekasi, Sabtu 08 Juni 2024.
Berkaitan dengan pentingnya persiapan awal berupa sarana dan prasarana serta unsure-unsur pendukung lainnya, maka sudah menjadi kelayakan apabila setiap sekolah
Jl Tamansari Persada Blok 1 No 1 Jatibening Baru, Pondok Gede, Bekasi – Â info@alazharsb-jatibening.sch.id
@2021 | ABMÂ | Al-Azhar Syifa Budi Jatibening